Kursus SEO Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Kursus Seo – Belajar SEO sangat menyenangkan untuk semua orang. Karena ini dapat meningkatkan perkembangan situs dalam waktu singkat. Bahkan hal yang membuat ornag sangat kuat mendalami ilmu ini adalah karena ingin selalu berada diperingkat utama dari mesin pencari.

Tentu, ini bukan hal baru dalam dunia internet. Namun untuk mencapai tujuan tersebut dengan cepat tidak mudah. Tapi jangan cemas, dengan kursus SEO Anda bisa mencapatkan backlink berkualitas untuk meningkatkan kemajuan situs. Untuk mendalami ini lebih cepat, Anda bisa menyimak ulasan kami berikut.

Apa itu backlink?

Tautan balik batau lebih dikenal dengan backlink adalah tautan blog / situs web yang mengarah ke halaman blog / situs web Anda. Backlink juga disebut membangun link building. Ada juga istilah tautan eksternal dan inbound link.

Dengan demikian, ada tautan balik dan penerima backlink nantinya.Dimana  Anda memberikan kembali tautan ketika Anda memposting situs orang lain atau tautan ke blog di situs Anda.

Kenapa umpan balik (backlink) penting untuk web?

Jika Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan backlink diatas, kini Anda juga harus tahu kenapa backlink itu penting untuk web. Apa keuntungan yang bisa diperoleh melalui backlink dan mengapa harus menggunakannya.

Berikut ini alasan kenapa backlink itu penting membangun sebuah website:

Google bisa mendeteksi situs Anda melalui tautan balik (backlink)

Penjelasan paling sederhana untuk pertanyaan ini adalah Google bisa mendeteksi halaman baru untuk ditampilkan dalam hasil pencarian. Dimana mesin pencari Google selalu merayapi halaman yang relevan dengan beberapa kata kunci tertentu.

Misalnya, ketika orang menggunakan peta sebagai alat untuk mencari lokasi baru, dimana mesin pencari Google bisa mendeteksi backlink untuk halaman baru, merayapi halaman ini dan kemudian memasukkannya ke dalam indeks Google.

Trackback ini baik untuk menjaga reputasi Google

Saat orang menggunakan kata kunci di Google, Google akan mencoba memberikan hasil pencarian yang lebih baik untuk orang tersebut. Dimana Google nantinya mengarahkan pencarian ke halaman populer di situs.

Bagaimana cara Google menilai halaman populer di situs atau tidak? Disini Google akan menggunakan backlink sebagai indikator popularitas halaman situs. Jika banyak backlink yang mengarah ke situs Anda, maka sangat baik reputasi situs nantinya.

Tautan balik yang tepat meningkatkan kepercayaan situs

Kami sudah menjelaskan bahwa backlink adalah indikator penting dalam menentukan popularitas suatu halaman web di Google. Tetapi tidak sekedar mengevaluasi backlink dalam hal kuantitas. Dimana Google akan mengevaluasi backlink di situs Anda dari relevan kata kunci.

Apa itu backlink relevan? ini adalah trackback yang diperoleh dari situs yang memiliki niche sama. Sebagai contoh kursus seo, mereka mengatakan bahwa perusahaan smartphone memiliki backlink yang sesuai ketika mereka ingin mendapatkan backlink dari situs web serupa. Dengan demikian, perusahaan smartphone dapat dianggap sangat dipercaya oleh Google.

Adanya dorong lalu lintas backlink ke situs Anda

Paragraf sebelumnya kamitelah menjelaskan bahwa backlink dapat membantu Google menemukan situs Anda lebih mudah sehingga bisa muncul di hasil pencarian dengan cepat. Itu artinya, jika semakin banyak backlink yang Anda gunakan, maka Google akan memberi peringkat baik terhadap situs Anda. Sehingga halaman situs Anda selalu menempati peringkat tinggi dalam hasil pencarian tersebut.

Strategi menggunakan backlink berkualitas dengan mudah

Bangun kepercayaan

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan kredibilitas di situs Anda. Seperti yang kami sebutkan di paragraf kualitas link outbound, dimana situs dengan backlink berkualitas siap memberikan backlink berkualitas ke situs Anda. Karena itu, Anda haru mendapatkan kepercayaan dari sekarang.

Tulis konten yang lengkap dan bermanfaat

Bagaimana cara meningkatkan otoritas situs Anda? Jawabannya jelas adalah konten. Untuk itu, pastikan dengan baik jika konten situs Anda lengkap dan bermanfaat. Konten yang Anda publikasikan juga harus memberikan efek positif kepada pembaca.

Sehingga dengan membaca artikel di blog Anda, pembaca dapat menyelesaikan masalah mereka dengan cepat. Dengan demikian, mereka juga dapat berbagi artikel Anda ke jejaring sosial atau situs web yang mereka miliki.

Membuat konten unik

Selain konten lengkap dan bermanfaat, konten Anda wajib unik dan menarik. Jika Anda sanggup buatlah konten yang tidak pernah dibuat oleh orang lain sebelumnya. Suatu pandangan yang mungkin belum pernah diambil orang lain sebelumnya.

Contoh Anda dapat membuat studi kasus tentang klien atau bisnis Anda disini. Konten unik Anda akan menarik banyak orang untuk memasukkan tautan ke situs Anda nantinya.

Buat infografis

Kadang-kadang orang terlalu malas untuk membaca paragraf yang panjang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan infografis. Buat infografis untuk menjadikan orang tertarik membaca artikel Anda tersebut. Jadi lebih mudah bagi mereka untuk berbagi infografis karena lebih menarik.

Gunakan alat backlink

Keempat metode di atas adalah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas. Konten yang sempurna, unik, lengkap dan bermanfaat dapat menarik orang untuk mengirim tautan ke situs Anda di situs yang mereka miliki nantinya.

Namun, Anda juga harus mengambil kesempatan untuk mendapatkan backlink berkualitas disana. Karena situs dengan backlink berkualitas tinggi harus ditangani terlebih dahulu secara langsung sehingga Anda dapat membuat backlink.

Untuk mendapatkan situs yang berkualitas, Anda memerlukan bantuan pihak ketiga seperti Ahrefs. Sejauh ini merupakan alat terbaik untuk menemukan backlink yang berkualita di internets. Dengan Ahrefs, Anda dapat menemukan situs berkualitas berdasarkan kata kunci relevan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui keunggulan situs tersebut melalui peringkat domain (Domain Rating) dan tahu berapa jumlah lalu lintas situs tersebut bisa hasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *